5 fakta unik tentang candi Borobudur yang Belum Pernah Kalian Ketahui.

Candi Borobodur berada di Magelang, Jawa Tengah salah satu candi yang menjadi primadona, dan akhir akhir ini candi Borobudur menjadi perhatian karena harga tiketnya yang melambung tinggi menjadi 750 ribu. Selain naiknya harga tiket borobudur juga memiliki fakta unik yang menarik. Berikut mimin rangkum di 5 fakta unik tentang candi Borobudur

Masa Pembangunannya Nyaris 100 Tahun

Candi Borobudur rupanya peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Dan pembangunan candi ini diperkirakan antara abad ke-8 sampai abad ke-9.

Lokasinya Diapit Gunung dan Sungai

Lokasi dari Candi Borobudur bukan sembarang lokasi, candi ini diapit 4 gunung yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan ada dua aliran sungai yang mengelilinginya yakni sungai Elo dan Sungai Progo selain itu jika ditarik garis lurus ternyata Candi Borobudur satu garis lurus dengan Candi Pawon dan Candi Mendut.

Ribuan Relief Bertema Kehidupan.

Candi Borobudur berukuran 123 meter x 123 meter dengan tinggi asli 42 meter dan juga memliki 2.672 pahatan relief dan 1.460 relief di Candi Borobudur bertema kehidupan.

BACA JUGA : Hal Menarik yang Dapat Kalian Dapat di Karimunjawa 

Bagian kaki Candi Borobudur yang menggambarkan manusia yang penuh dengan nafsu dan meningkat sampai kepuncak  dan jika di perhatian bagianya dibagi menjadi tiga yaitu kaki ( kamadatu ), badan ( rupadatu ), dan puncak ( arupadatu ).

Pernah Beberapa Kali Terkena Bencana Alam dan di Serang Bom.

Perlu kita ketahui lokasi Candi Borobudur dikelilingi oleh pengunungan yang membuatnya rawan terkena bencana seperti tahun 2010 Candi Borobudur sempat tertutup debu vulkanik setebal 2,5 cm.

Dan sebanyak sembilan stupa Candi Borobudur pernah mengalami kerusakan akibat terkena bom pada 21 Januari 1985. Dalang dari pengeboman ini adalah Mohammad Jawad dan eksekutornya adlaah Abdulkadir Ali Alhabsyi dan Husein Ali Alhabsyi.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Hotel di Tulungagung 

Ditemukan Oleh Jendal Inggris.

Ternyata dulu sebelum ramai dikunjungi, Candi Borobudur pernah terbengkalai. Hal itu pernah ditulis didalam buku yang dituliskan oleh Jendral Inggris yakni Thomas Stamford Raffles.

Raffles menyatakan dalam bukunya bahwa penemuan candi Borobudur awalnya gundukan bebatuan besar yang terkubur tanah dan semak belukar, dan tahun 1814 dilakukanya pembersihan agar dapat dipelajari.


 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url